Thursday 11 February 2016

Sejauh mata memandang yang terlihat adalah hamparan hijau. Itulah pemandangan di daratan yang dipenuhi oleh berbagai macam tumbuhan. Berbagai tumbuhan sering kamu jumpai di lingkungan sekitar kamu. Apabila kamu perhatikan, ternyata ada banyak tanaman dengan beragam bentuk batang, bunga, maupun buah.


Dunia tumbuh-tumbuhan dikenal sebagai Kingdom Plantae. Dimana tumbuhan merupakan salah satu keanekaragaman hayati yang banyak dimanfaatkan manusia. Hewan pun bergantung pada tumbuhan sebagai sumber energi. Dalam klasifikasi, makhluk hidup apa saja yang tergolong sebagai tumbuhan?



Dunia tumbuhan atau kingdom Plantae beranggotakan semua organisme eukariotik multiseluler fotosintetik yang memiliki klorofil a dan b, menyimpan karbohidrat yang biasanya berupa tepung, dan embrionya dilindungi oleh jaringan tumbuhan parental.



Dunia tumbuhan dikelompokkan menjadi tumbuhan tidak berpembuluh (Atracheophyta) dan tumbuhan berpembuluh (Tracheophyta). Tumbuhan Atracheophyta adalah kelompok lumut, sedangkan kelompok Tracheophyta adalah kelompok paku- pakuan dan tumbuhan berbiji.



Dunia tumbuhan dapat dipelajari jika kamu telah memahami ciri-ciri tumbuhan dan klasifikasi makhluk hidup. Yang akan dibahas terlebih dahulu dalam pertemuan ini adalah tumbuhan lumut (Bryophyta) dan tumbuhan paku (Pteridophyta). 
Sumber :  http://biologi-indonesia.blogspot.co.id/2014/06/materi-penjelasan-tentang-dunia.html

No comments:

Post a Comment